ikpln.id
SHARE :

Mengenal Dunia Website

30
11/2021
Kategori : Teknologi Informasi
Komentar : 0 komentar
Author : ikpln.id


Mengenal Dunia Website

Alhamdulillah kegiatan silaturahmi dengan temen-temen Pengurus IKPLN Daerah se Region Jawa & Bali serta Region Sumatera & Kalimantan telah terlaksana pada bulan November 2021 memberikan angin segar dan banyak mendapat masukan-masukan yang bersifat membangun untuk peningkatan kemajuan dan kualitas Website IKPLN yang dibangun dan dipublish sejak tahun 2018.

Berdasarkan beberapa pertimbangan dan alasan teknis, direncanakan akan dilakukan prosesi hijrah Website IKPLN dari domain lama di https://ikpln.com ke domain baru di https://ikpln.id pada awal tahun 2022 mendatang, sembari menampung masukan-masukan lainnya dari temen-temen Pengurus IKPLN se Region Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara yang InsyaAllah terselenggara pada tanggal 1 Desember 2021 melalui sarana online Zoom.

Salah satu usulan yang langsung ditindaklanjuti realisasinya adalah agar di Website IKPLN disediakan ruang untuk menampung rubrik tentang Teknologi Informasi sebagai sarana berbagi informasi dan pengalaman di dunia Teknologi Informasi yang lajunya sangat pesat dan tidak bisa dibendung-bendung lagi, besar harapan agar teknologi dimaksud dapat berguna dan memberikan manfaat terutama untuk kesejahteraan para Anggota IKPLN di seluruh Tanah Air tercinta.

Tentu saja sebagai pahlawan kelistrikan dan saat ini telah menyandang gelar sebagai Senior PLN alias Pensiunan PLN, harus tetap terus bersemangat untuk mengikuti perubahan demi perubahan terutama perkembangan pesatnya dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti serta bisa nyambung apabila bercengkrama, berdiskusi dan ngobrol dengan anak-2 dan cucu-2 generasi Melinial.

Dari beberapa diskusi di lingkungan Pengurus IKPLN dan obrolan dengan beberapa Anggota IKPLN, sepertinya diperlukan pelurusan-pelurusan terhadap pemahaman dan pengetahuan seputar dunia Website, sehingga dengan membaca artikel ini diharapkan  keluarga besar IKPLN maupun pembaca setia Website IKPLN setidak-tidaknya memiliki pengetahuan tambahan dan memperkaya pengetahuan yang dimiliki seputar jeroan Website.

Apa itu Website ?
Website adalah sebuah kumpulan halaman pada satu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu seperti untuk kepentingan pribadi, komunitas, perusahaan, pendidikan, bisnis, toko online, instansi, portal dan lain-lain serta saling berhubungan satu dengan lainnya, dan dapat diakses secara luas melalui halaman depan (Home Page) menggunakan sebuah browser seperti Google Chrome, Safari, Opera, Internel Explorer dan lain-lain.

Apa itu Domain ?
Domain adalah nama atau alamat yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan Internet Protocol (IP), mengingat bahwa IP selalu menggunakan angka-angka yang sulit untuk dihafal serti contoh 172.16.254.1, 121.100.23.60 dan sebagainya.

Domain berfungsi sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkan seperti contoh : detik.com, kompas.com, niagahoster.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com, ikpln.id, ikpln.com dan lain lain.

Apa itu Browser ?
Browser adalah software penjelajah web / peramban web / penelusur web yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet seperti Internet Explorer, Google Chrome, Firefox, Opera maupun Safari.

Apa itu URL ?
URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, merupakan istilah lain untuk menyebut alamat website, berfungsi untuk membawa anda ke sebuah website spesifik yang dituju seperti contoh : https://ikpln.com, https://ikpln.id, https://pln.co.id, https://dppln.co.id, https://ypkpln.or.id dan lain sebagainya.

Bagaimana proses pembuatan website hingga bisa diakses melalui Internet ?

1. Pembangunan Website
Sebelum Website bisa diakses melalui Internet, terlebih dahulu website harus dibuat & dibangun oleh Developer maupun Programmer atau barangkali anda sendiri yang tidak memiliki background sama sekali sebagai programmer pengen membuat website sendiri.

Saat ini banyak sekali tutorial-tutorial maupun eBook yang mengajarkan bagaimana membuat website dengan mudah dan cepat tanpa harus menguasai bahasa pemrograman komputer mulai dari Nol sampai dapat diakses di Internet.

Banyak jasa pembuatan website yang ditawarkan oleh perusahan yang bergerak dalam layanan Hosting & Domain maupun jasa pembuatan Website dengan berbagai macam tarif harga yang variatif disesuaikan dengan jumlah menu, nama domain, kapasitas penyimpanan data hosting dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Untuk memudahkan bagi si pemesan biasanya pihak penyedia jasa pembuatan Website menawarkan berbagai paket, sebagai contoh seperti paket Silver, Gold, Platinum dengan spesifikasi website yang dirinci sesuai paketnya masing-masing.

2. Registrasi Hosting & Domain
Agar website bisa diakses di internet, maka website harus memiliki tempat penyimpanan (Hosting) maupun alamat website (Domain).

Untuk memudahkan pemahamannya, website kita ibaratkan sebuah bangunan rumah dan hosting adalah kavling tanah yang disediakan sebagai tempat dibangunnya rumah, sedangkan domain adalah nama alamat dari rumah/bangunan anda tersebut.

Untuk memiliki sebuah Hosting & Domain, anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri ke sebuah perusahaan jasa pelayanan Hosting & Domain yang menawarkan secara gratis maupun berbayar, diantaranya Hostinger (https://www.hostinger.co.id/), Niagahoster (https://www.niagahoster.co.id/), Rumahweb ( https://www.rumahweb.com/), Kedaihosting (https://www.kedaihosting.com) dan lain-lain dengan harga dan tarif yang bervariasi.

3. Mengupload File Website dan Database ke Hosting
Setelah memiliki tempat penyimpanan website maupun alamat website, yang harus dilakukan kemudian adalah mengupload file website berikut databasenya pada Hosting yang telah disewa/dibeli.

Proses upload file website dan database dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi cPanel yang telah disediakan oleh penyedia jasa Hosting/Domain.

Pertama-tama kita diminta untuk login terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password Administrator, kemudian lakukan upload file website menggunakan tools yaitu File Manager dan menempatkan file-file website pada folder Public_HTML.
Agar table-table MySQL dapat diupload di database, kita harus membuat database dan user + password terlebih dahulu menggunakan tools yang disediakan yaitu MySQLDatabase, setelah itu baru bisa dilakukan proses upload table-table MySQL ke database.

4. Modifikasi Konfigurasi Website
Pada awal mula website dibangun dan apabila pembuatan websitenya menggunakan aplikasi yang diinstall di laptop seperti Framework CodeIgniter, biasanya source code website ditempatkan di Laptop/PC pada folder C:\xampp\htdocs dan databasenya dicreate dan diberi nama berikut user dan password yang telah ditentukan menggunakan tools yaitu phpmyadmin.

Setelah source code website dan data database yang ada di Laptop dipindahkan ke Server Hosting, maka konfigurasinya harus disesuaikan mengikuti alamat website (domain) dan tempat penyimpanan Database berikut username dan passwordnya, agar website dapat dioperasikan dengan normal seperti pada saat diakses di localhost (pada Laptop ataupun PC).
Setelah dilakukan modifikasi konfigurasi website, barulah website dapat diakses sesuai dengan alamat websitenya (domain).

5. Optimasi Website dengan SEO.
Google Search adalah mesin pencari web yang dimiliki oleh Google Inc. Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama “PageRange”.
Search Engine Optimization kepanjangan dari SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian juga trafik yang tepat sesuai sesuai dengan tujuan website anda sehingga mengingkatkan jumlah pengunjung website anda.
Untuk mendapatkan semua itu anda harus mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari, dalam contoh kasus ini adalah Google.

SEO menetapkan aturan dan indikator utama yang selalu berubah secara berkala, dan karena aturannya ketat dan agak rumit dan susah dipahami oleh awam, maka untuk mempercepat proses optimasi websitenya para pengusaha banyak menggunakan Perusahaan Jasa Layanan SEO.
Anda dapat melakukan browsing di internet untuk mencari Perusahan yang bergerak di bidang jasa layanan SEO Website terbaik, terpercaya dan bergaransi dengan tarif harga yang bervariasi sesuai jumlah kata kunci pencarian. Sebagian besar jasa layanan SEO menawarkan tarif jasanya per bulan dengan durasi waktu minimal masa kontraknya.

Demikian knowledge sharing yang dapat saya sampaikan seputar dunia website, dengan harapan semoga Keluarga Besar IKPLN maupun peminat Website IKPLN mendapatkan gambaran garis besarnya secara singkat bagaimana website dibangun hingga bisa diakses secara online melalui internet dan mendapat kualitas optimasi yang prima pada saat diakses oleh pengguna website.

Terima kasih, semoga bermanfaat

Salam Sehat & Semangat.

(Penulis: Bambang Bayu Adji)

Berita Lainnya

17
11/2022
17
11/2022
Berpacu Waktu
Author : ikpln.id
18
02/2022
Share Screen Youtube di Zoom
Author : ikpln.id
11
12/2021
30
11/2021
Mengenal Dunia Website
Author : ikpln.id


Tinggalkan Komentar