ikpln.id
SHARE :

Share Screen Youtube di Zoom

18
02/2022
Kategori : Teknologi Informasi
Komentar : 0 komentar
Author : ikpln.id


Share Screen Youtube di Zoom

Sejak merebaknya pandemi Covid 19, kegiatan Latihan Bersama (Latber) Ling Tien Kung (LTK) yang semula dilaksanakan melalui Offline di lapangan terbuka, sekarang mulai bergeser menggunakan media online melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan tersebut selain diisi dengan menu wajib berupa Olah Sehat, agar lebih menarik dan bermanfaat bagi anggota IKPLN yang mengikutinya  diselingi dengan acara berbagi pengalaman, berbagi pantun, sharing tentang kesehatan, makanan sehat, sharing teknik gerak Ling Tien Kung dan pembacaan artikel penggugah jiwa sebagai bagian dari olah sehat jiwa.

Ada satu hal yang menarik bahwa usulan diadakannya acara hiburan yang memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan jiwa yaitu bernyanyi dengan musik pengiring (IKPLN Berdendang) mendapat rekomendasi Ketua Komunitas Ling Tien Kung IKPLN Pusat untuk dijadwalkan setiap hari Minggu setelah Latihan Bersama Ling Tien Kung.

Untuk mendukung berlangsungnya acara IKPLN Berdendang tersebut, berikut di bawah Penulis sampaikan cara memutar musik youtube sebagai pengiring penyanyi di Zoom menggunakan Laptop agar tampilan video dan suara audio vocal dapat terintegrasi, sehingga tayangannya dapat dinikmati oleh audience dengan gambar yang terang dan suara yang jernih.

PERSIAPAN:

  1. Pastikan laptop terkoneksi dengan Internet.
  2. Pastikan anda memiliki account Youtube.
  3. Pastikan anda memiliki account Google Chrome dan laptop telah terinstall Google Chrome.
  4. Pastikan anda memiliki account Whatsapp dan laptop telah terinstall Whatsapp.
  5. Pastikan anda memiliki account Zoom dan laptop telah terinstall Zoom.

Tampilan Desktop Laptop anda apabila telah terinstall Google Chrome, Whatsapp & Zoom akan tampak seperti gambar di bawah ini.

PELAKSANAAN :

Buka Browser Google Chrome dengan menekan Icon Google Chrome pada Desktop Laptop anda sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.

Buka Aplikasi Whatsapp dengan menekan Icon Whatsapp pada Desktop Laptop anda, kemudian tekan Link Zoom Meet yang anda terima dari Host yang mengundang anda seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Tampilan apabila anda sudah berhasil join pada zoom room, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Buka Google Chome berupa Icon Google Chrome yang berada di task bar seperti gambar di bawah.

Setelah Google Chrome terbuka, ketikkan youtube.com pada kolom url, kemudian tentukan lagu karaoke pilihan yang akan dinyanyikan dengan mengetikkan nama lagu yang akan dinyanyikan pada kolom penelusuran (contoh : desember kelabu karaoke) diakhiri dengan penekanan Icon Telusuri seperti gambar di bawah ini.

Kembali ke Aplikasi Zoom dengan menekan Icon Zoom pada Menu Bar di bagian paling bawah, kemudian Tekan tombol Share Screen seperti tampak pada gambar di bawah.

Pilih layar Youtube yang telah terbuka, kemudian tekan Share Sound dan Optimize for Video Clip di pojok kiri bawah, diakhiri dengan penekanan tombol Share di pojok kanan bawah seperti tampak pada gambar berikut ini.

Putar video Youtube yang telah dipilih dengan menekan tombol Putar (pojok kiri bawah yang dilingkari warna kuning) dan tombol Layar Penuh (pojok kanan bawah yang dilingkari warna kuning) kemudian silahkan menyanyi sampai akhir lagu seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Setelah selesai menyanyikan lagu, jangan lupa tekan tombol Stop Share pada bagian atas tengah untuk Kembali ke ruang zoom seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Semoga bermanfaat, salam sehat & semangat.

( Penulis : Bambang Bayu Adji )

Berita Lainnya

17
11/2022
17
11/2022
Berpacu Waktu
Author : ikpln.id
18
02/2022
Share Screen Youtube di Zoom
Author : ikpln.id
11
12/2021
30
11/2021
Mengenal Dunia Website
Author : ikpln.id


Tinggalkan Komentar